bis-16

Menurut catatan ahli sejarah, Islam masuk ke nusantara sekitar abad XI Masehi yang dibawa oleh para pedagang dari Arab dan selanjutnya disebarkan oleh para muballigh dari Pasai (Aceh Utara).

Tetapi ada sebagian ahli sejarah yang menyatakan bahwa agama Islam masuk ke Nusantara pertama kali di Pulau Jawa. Hal ini dibuktikan dengan penemuan Batu Nisan seorang wanita muslimah yang bernama Fatimah Binti Maimun, yang dimakamkan di Desa Leran Gresik Jawa Timur. Tertulis wafat tahun 475 Hijriyah atau tahun 1082 Masehi.

Sedangkan masuknya Islam ke Sumatera dibawa oleh Syekh Abdullah Arif dan Syekh Burhanuddin Al-Kamil yang akhirnya wafat di Kunta pada tahun 610 Hijriyah atau 1214 Masehi.

Islam menyebar di Pulau Jawa melalui daerah-daerah pesisir pantai utara Jawa Timur. Sejak kedatangan Syekh Maulana Malik Ibrahim di Gresik Jawa Timur, tokoh paling senior anggota Wali Songo, yang kemudian menjadikan Gresik sebagai pusat penyebaran agama Islam di Jawa Timur.

Pada perkembangan selanjutnya, dengan adanya para wali yang berhimpun dalam suatu organisasi yang bernama “Walisongo”, Islam kemudian berkembang dan menyebar ke seluruh pelosok tanah Jawa.

Seperti di Jawa Barat, yang dipelopori oleh Sunan Gunung Jati dan Fatahillah berhasil meng-islam-kan Banten, Sunda Kelapa dan Cirebon. Di Jawa Tengah, yang dipelopori oleh Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur disebar luaskan oleh Sunan Ampel, Sunan Giri dan Sunan Derajat.

Adapun walisongo adalah nama suatu organisasi  atau himpunan para Wali yang misinya men-syi’ar-kan Agama Islam pada masyarakat luas.

Jadi sebenarnya Walisongo itu tidak hanya sembilan orang, tapi jumlahnya lebih dari itu. Sedangkan jumlah sembilan itu merupakan ketetapan dari organisasi yang didirikan bahwa jumlah anggotanya harus sembilan orang wali.

Jika ada salah satu dari anggota dewan wali itu yang meninggal dunia, maka akan di diganti dengan Wali yang lain, sehingga jumlah dan namanya tetap Walisongo (Wali Sembilan).

Selamat menikmati sajian-sajian kami.

4 COMMENTS

  1. Subhanallah, saya adalah salah seorang yang mengagumi para sufi dan para walilyullah, semoga Allah SWT selalu merahmati mereka, murid-muridnya serta kaum muslimin walmuslimat di seluruh dunia.

LEAVE A REPLY