25 responses to “Nabi Adam AS: Manusia Pertama, Nenek Moyang Manusia Sejagat (1)”

  1. Ketika Adam dan Hawa Terpedaya Iblis (2) :: SUFI Zona

    […] bahwa Adam dan Hawa tidak diperkenankan dan dilarang memakan buah Khuldi, Iblis merasa mendapat kesempatan untuk […]

  2. JONI EDWAR

    Allah itu adalah nama semetara dalam surat al-iklas ” Tuhan itu tidak satupun yang menyerupai dan Dia sangat rahasia ” sesungguhnya apa yang sebenarnya kita sembah dalam tingkat syariat ibadat ” apa dasar bagi akal kita bahwa Allat Swt itu sang pencinta seluruhnya. dan tahun, bulan, hari apa itu manusia /rasul membacanya ( kata Allah tsb ) mohon penjelasan ? Terima kasih sebelumnya.

  3. sit9

    saya seorang nonmuslim ,setahu saya bahwa Allahlah yg patut kita sembah bukan tuhan.dalam kata laillah hailaullah.tiada tuhan selain allah[tiada tuhan yg patut kita sembah melainkan Allah]pertanyaanya adakah tuhan disisi Allah?

  4. Ary

    Sudah jelas kan tidak ada tuhan selain ALLAH. Berarti tidak ada tuhan lagi kecuali ALLAH SWT. Dalam surat al ikhlas dijelaskan bahwa ALLAH SWT adalah SATU (allohu ahad)

  5. Hamba Allah

    Ini cerita dari mana asalnya?
    ada referensi ayat Al Qur’an atau hadist nya kah ?

    Membuat cerita dng logika dan mindset kita, sangat berbahaya kalau kita masih mudah tergoda oleh setan akal dan pikirannya, apalagi tanpa dasar Al Qur’an dan hadist.

    Wassalam

  6. Maulana Arizki

    Subhanallah…..

  7. adam

    batas kemampuan manusia untuk berpikir tentang siapa penciptanya hanya sampai nyawa lepas dari tubuh. manusia beserta seluruh jagad raya ini diciptakan oleh zat yang maha pencipta. bukan diciptakan oleh makhluk yang menyerupai makhluk-makhluk yang ada di jagad raya ini hasil imajinasi manusia itu sendiri. Allah Swt tidak dapat dilihat dengan mata kepala tapi dapat dilihat dan dirasakan dengan mata bathin keimanan.

  8. hafpis

    saya ingin menjawab pertanyaan sit9…….
    sekarang ,,,,tepat nya kita diberikan akal pikiran….
    saya ingin menjawab pertanyaan itu dengan hati,,,logika saya,,
    mudah mudahan kamu bisa mendapat pemahaman…
    la ila ha ilallah (tiada tuhan selain allh…)
    anda bertanya,,,adakah tuhan disisi allh?
    allah itu maha besar,maha tahu…
    dia lah yg pengutus di alam bsemesta ini….
    tuhan itu tidak ada…..
    allah la yg ada….
    saya cinta allh..

  9. hambaAllah

    sy mw jawab sit9,, mungkin dari awalpun anda sudah salah mengartikan, arti’a bukan ‘tidak ada Tuhan yg pantas d sembah melainkan Allah’, sy rasa bkn begitu, cukup dengan ‘tidak ada Tuhan selain Allah’, jika kita menemukan kalimat ‘tidak dad Tuhan yg pantas disembah melainkan Allah’, maka mungkin itu suatu sindiran kepada manusia yg memilih tuhan selain Allah, bukan meng iya kan adanya tuhan selain Allah

  10. derer

    kok nabi pertama sujud pada nabi terakhir ., “”””binun””

  11. wisnu

    Allah jgn dipertanyakan.
    jgn pula dijelaskan krna ilmu mu tak sampai kesitu..
    ngamal ibadah aja yoo.
    jgn adu argumen yg aneh..

  12. sawitojaya

    untuk mengetahui lebih jelasnya tolomg di baca Al Quran. Mohon ma’af Saudara Semuslim kalau betul-betul Ingin Mengetahui /bertemu Allah SWT. perbaiki Ibadahnya InsyaAllah, Allah akan memberikan Petunjuknya. Amin . Wassalam

  13. timur priyat moko

    “Jangan dulu , hai Adam, sampai engkau
    mambayar mahar (mas kawin) kepada
    Hawa .” Adam pun bertanya, “Apakah
    maharnya?” Malaikat menjawab, “Maharnya
    adalah engkau harus membaca shalawat
    untuk Nabi Muhammad SAW.

    yg ingin saya tanyakan,,,nabi adam kan orang pertama,trs knp hrs membaca shalat untk nabi muhammad????kan nabi muhammad blm ada lg!!!!
    mohon penjelasannya,

  14. Amrullahyusuf

    Blajarlh agama islam dgn pemaha mn yg benar.Laaila hailallah ,tdk a da tuhan selain Allah.Allah itu mau jud/ada dialah yg menciptakn sm ua mhluk,bumi langit,sorga dn ne raka dgn ke esaan dn kekuasaann ya.dialah Allah yg mh hidup kekal abadi dn brdiri sendiri.jgn salah m enjembah tuhan sembahlh Allah.

  15. Bangkit

    Untuk sit9 -> kata La illaha illalohu secara harfiah artinya adalah tiada sesembahan yang patut disembah kecuali allah. Tetapi orang indonesia mengartika sesembahan sebagai tuhan, jadi penjelasannya begini: Sesembahan yang dimaksud adalah nafsu dunia seperti uang, jabatan, wanita, dll. Sebagai contoh sekarang banyak orang yang menyembah uang sebagai tuhannya, hidupnya hanya untuk mencari uang dan tidak ingat kepada sang penciptanya yang lebih patut untuk disembah dari pada uang tersebut. CMIIW

  16. Bangkit

    Untuk derer -> Sujud yang dimaksud disini bukan sujud untuk menyembah kepada nabi terakhir tetapi sujud untuk memuliakannya. Karena nabi terkahir Mukhamad SAW adalah manusia paling mulia akhlaknya dan terlindung dari dosa. Merupakan panutan umat manusia. CMIIW

  17. faqih

    Dari paparan cerita di atas,,saya jadi bingung..! sebab, ketika adam di ciptakan maka kedua mahkluk yang terdahulu ; malaikat dan jin di suruh tunduk kepada adam. kenapa bukan kepada ALLAH…??? dan yang satu lagi adalah ketika iblis di usir dari surga karena tidak mau menunduk,,ketika pada saat hawa di ciptakan! kenapa ada lagi iblis yang menggoda adam dan hawa…??? bukankah tadi dia telah di usir dari surga…??? trus surga pun di jaga oleh malaikat.,dan bahkan ALLAH pun tidak tahu…?! na’am wa afwan,,Mohon bimbingannya…?!

  18. styone

    @ all…
    kenali lah dirimu,,blum sempurna mengenal diri jika tidak mengenal kejadian diri,, blum sempurna mengenal kejadian diri jika tidak mengenal yang mula-mula dijadikan… Wassalam…

  19. ariel

    kalian tu smua blum tahu tntang smua apa yg trjadi didunia ni’,,klian tu cma makluk ciptaan’ jgn bnyak protes’,,ngikut z aliran hidupmu’,,bagimu mu agamamu’,,bagiku agama ku’,,,,,

  20. Al-Faiz

    Alangkah indahnya berbagi dan mencari ilmu dengan suguhan kata” manis yang mudah dicerna, sebaik”nya masalah adalah kita kaji bersama mencari jawaban terbaik. Semoga Allah membuka lebih luas pemikiran kita wahai sahabatku.

  21. jaka

    Assalamualaikum, jika hawa tercipta dari tulang rusuk adam maka secara logika DNA nya sama. Dan manusia didunia sebagai anak keturunanya baik laki-laki maupun perempuan seharusnya juga punya DNA yang sama. Tetapi kenapa DNA masing2 orang kecuali yang masih saudara/sedarah bisa berbeda2? Mohon penjelasanya.

  22. qinjung

    @Derer : Berdasarkan kisah yang pernah saya baca sebelumnya, roh Rasulullah SAW sudah ada sebelum adanya dunia dan seisinya. Mungkin itulah sebabnya roh Rasulullah SAW lebih mulia dari Nabi Adam As. (wallahualam..) dan Bukankan Rasulullah SAW yang diberikan keistimewaan bahwa syafaatnya untuk seluruh umat manusia selama beriman kepada ALLAH SWT???

    @Jaka : DNA Manusia sesungguhnya sama, bila anda mengambil ingin jalan rasional. ahli biologi mengatakan kemiripan hingga 90% antara manusia dan simpanse, bayangkan berapa persen kemiripan antara sesama manusia itu sendiri bila kemiripan DNA antara manusia dan simpanse bisa mencapai 90%???

    @All : Bahwa mencari ilmu dengan bertanya dan berfikiran kritis adalah lebih baik daripada hanya mengikuti tanpa mengetahui mengapa kita mengikuti jalan NYA. bukankah kita telah diperintahkan untuk belajar??? ingat kalimat IQRA???

  23. irwan.r

    ALLAH telah menciptakan ruh nabi muhamad sebelum semua alam semesta ini d ciptakan,,, maksud cerita d atas nabi adam haruz memberi mahar kepada siti hawa dgn berselawat kepada nabi muhamad yg bertujuan mengakui ada’a nabi akhir yg akan membawa safa’at bagi keturunan’a kelak,,, ALLAH yg maha tau dan kita cuma dpt mengira2

  24. Martinidesain.com

    Baca aja kisah Adam di surat Al Araaf

  25. TS

    kamu bilang mereka ber-kelamin di surga???

    justru aurat (kelamin) mereka terlihat setelah mendekati buah kuldi. (lihat Al Qur’an).

Leave a Reply