sorga-neraka

Setiap hari Malaikat Izrael dan Nabi Idris beribadah bersama. Suatu kali, sekali lagi Nabi Idris mengajukan permintaan. “Bisakah engkau membawa saya melihat surga dan neraka?”

“Wahai Nabi Allah, lagi-lagi permintaanmu aneh,” kata Izrael.

Setelah Malaikat Izrael memohon izin kepada Allah, dibawanya Nabi Idris ke tempat yang ingin dilihatnya.

“Ya Nabi Allah, mengapa ingin melihat neraka? Bahkan para Malaikat pun takut melihatnya,” kata Izrael.

“Terus terang, saya takut sekali kepada Azab Allah itu. Tapi mudah-mudahan, iman saya menjadi tebal setelah melihatnya,” Nabi Idris menjelaskan alasannya.

Waktu mereka sampai ke dekat neraka, Nabi Idris langsung pingsan. Penjaga neraka adalah Malaikat yang sangat menakutkan. Ia menyeret dan menyiksa manusia-manusia yang durhaka kepada Allah semasa hidupnya. Nabi Idris tidak sanggup menyaksikan berbagai siksaan yang mengerikan itu. Api neraka berkobar dahsyat, bunyinya bergemuruh menakutkan, tak ada pemandangan yang lebih mengerikan dibanding tempat ini.

Dengan tubuh lemas Nabi Idris meninggalkan tempat yang mengerikan itu. Kemudian Izrael membawa Nabi Idris ke surga. “Assalamu’alaikum…” kata Izrael kepada Malaikat Ridwan, Malaikat penjaga pintu surga yang sangat tampan.

Wajah Malaikat Ridwan selalu berseri-seri di hiasi senyum ramah. Siapapun akan senang memandangnya. Sikapnya amat sopan, dengan lemah lembut ia mempersilahkan para penghuni surga untuk memasuki tempat yang mulia itu.

Waktu melihat isi surga, Nabi Idris kembali nyaris pingsan karena terpesona. Semua yang ada di dalamnya begitu indah dan menakjubkan. Nabi Idris terpukau  tanpa bisa berkata-kata melihat pemandangan sangat indah di depannya. “Subhanallah, Subhanallah, Subhanallah…” ucap Nabi Idris beulang-ulang.

Nabi Idris melihat sungai-sungai yang airnya bening seperti kaca. Di pinggir sungai terdapat pohon-pohon yang batangnya terbuat dari emas dan perak. Ada juga istana-istana pualam bagi penghuni surga. Pohon buah-buahan ada disetiap penjuru. Buahnya segar, ranum dan harum.

Waktu berkeliling di sana, Nabi Idris diiringi pelayan surga. Mereka adalah para bidadari yang cantik jelita dan anak-anak muda yang amat tampan wajahnya. Mereka bertingkah laku dan berbicara dengan sopan.

Mendadak Nabi Idris ingin minum air sungai surga. “Bolehkah saya meminumnya? Airnya kelihatan sejuk dan segar sekali.”

“Silahkan minum, inilah minuman untuk penghuni surga.” Jawab Izrael. Pelayan surga datang membawakan gelas minuman berupa piala yang terbuat dari emas dan perak. Nabi Idris pun minum air itu dengan nikmat. Dia amat bersyukur bisa menikmati air minum yang begitu segar dan luar biasa enak. Tak pernah terbayangkan olehnya ada minuman selezat itu. “Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah,” Nabi Idris mengucap syukur berulang-ulang.

Setelah puas melihat surga, tibalah waktunya pergi bagi Nabi Idris untuk kembali ke bumi. Tapi ia tidak mau kembali ke bumi. Hatinya sudah terpikat keindahan dan kenikmatan surga Allah.

“Saya tidak mau keluar dari surga ini, saya ingin beribadah kepada Allah sampai hari kiamat nanti,” kata Nabi Idris.

“Tuan boleh tinggal di sini setelah kiamat nanti, setelah semua amal ibadah di hisab oleh Allah, baru tuan bisa menghuni surga bersama para Nabi dan orang yang beriman lainnya,” kata Izrael.

“Tapi Allah itu Maha Pengasih, terutama kepada Nabi-Nya. Akhirnya Allah mengkaruniakan sebuah tempat yang mulia di langit, dan Nabi Idris menjadi satu-satunya Nabi yang menghuni surga tanpa mengalami kematian. Waktu diangkat ke tempat itu, Nabi Isris berusia 82 tahun.

Firman Allah:

“Dan ceritakanlah Idris di dalam Al-Qur’an. Sesungguhnya ia adalah orang yang sangat membenarkan dan seorang Nabi, dan kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.” (QS Al-Anbiya:85-86).

***
Pada saat Nabi Muhammad sedang melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj ke langit, beliau bertemu Nabi Idris. “Siapa orang ini? Tanya Nabi Muhammad kepada Jibril yang mendampinginya waktu itu.

“Inilah Idris,” jawab Jibril. Nabi Muhammad mendapat penjelasan Allah tentang Idris dalam Al-Qur’an Surat Al-Anbiya ayat 85 dan 86, serta Surat Maryam ayat 56 dan 57.

Sumber Bacaan: Alkisah Nomor 01 / 3-16 Januari 2005

Gambar: http://www.eternalhell.net/Choices%20-%20heaven%20or%20hell.jpg

Selesai

956 COMMENTS

  1. ya allah,betapa besarnya nikmat mu kpd kami,tp kami lalai,kami leka,Engkau ampunkn lah dosa2 aku & semua ummat islam ya allah,aku tkt dgn azab mu,dkatilah aku dgn syurga,jauhilah aku dr neraka…….amin

  2. Allahu akbar . .
    Betapa besar
    karuniamu, sesungguh nya engkau maha brkhndak maka jdkan driku ini diantara orang2 yg engkau redhoi. .amin ya robbal’alamin.

  3. subahanallah…semoga hambamu ini dpt menikmati keindahan syurgamu yallah..amin..

  4. sy tdk blg klo sy prcya dgn ksaksian d atas, tpi salut kpd mereka yg prnh mlihat surga dan neraka. Tpi 1 yg prlu sy tkankan dsini, Yesus Kristus lah Jalan, Kebenaran, dan Hidup. Ia lah Allah yg maha kuasa, slh 1 pribadi Allah yg patut dsembah dan dmuliakan. Ia lah yg brhak trhdp pmberian Surga dan Neraka. ALLAH ITU 1, tpi 3 pribadi : Bapa, Putera, dan Roh Kudus

  5. sedikit sharing aja,, menurut guruku Nabi Idris A.S meminta 3 permohonan sebelum melihat syurga dan neraka Nabi Idris ingin merasakan rasanya kematian, maka sekejap Nabai Izroil meminta (izin) kepada ALLAH (dikabulkan). Lalu dengan hati2 malaikat izroil mencabut nyawa Nabi Idris dan mengembalikannya lagi, Lalu malaikat bertanya “bagaimana rasanya dicabut nyawa wahai Nabi ALLAH”, lalu Nabi menjawab “Rasanya tidak ingin dua kali karena rasanya bagaikan dikuliti 1000x”, lalu pada kejadian di syurga setelah meminum air di Syurga [karena haus dan ingin menenangkan diri (trauma)] setelah meminum setetes air dari syurga maka hilanglah rasa haus dan traumanya. sesaat setelahnya Malaikat memanggil untuk cepat pulang dan Nabi Idris menjawab, sungguh bagi yang telah memasuki syurga maka tidak ada yang bisa keluar daripadanya, karena itu Nabi Idris A.S adalah satu2nya manusia yang saat ini ada di syurga.wallohu alam

  6. Surga sungguh menawan…
    dan Neraka sungguh menakutkan…
    tapi Jgn sampai kau jadikan itu smua aLasan mendasar kita smua beribadah,..
    smoga kita termasuk Org2 yg ikhLas kmanapun aLLah menempatkan..
    Smoga RidhoNya tetap jadi tujuan kita..
    NastaghfiruLLah..
    amiiin

  7. ya allah,,,,,,,
    apakah bisa hambamu ini msuk k surga mu itu????????

    semoga smua keluarga sanak saudara kami memasukinya,,
    Amin………………………

  8. ya allah ampunilah segala dosa ku ini. Jadikanlah hambamu ini
    penghuni syurga.

    INSYAALLAH.aminnnn

  9. subhanallohu walhamdulillah wala illahailla Allohuwallohu akbar mahabesar engkau ya Allohhanya padmulah aku memohon dan berusaha untuk mendapatkan ridho dan syurgaMu ya Alloh yang maha MULIA. amin

  10. smua teteap rahasia Tuhan…ada rahasia dibalik rahasia./.??itu kata bang ali nurdin
    yg terpenting qta sebagai mahluk hanya beru7aha dan berdoas

  11. Siapapun pasti mau masuk surga,…ciapa yanbg gak mau kali,,,,..tp gimana bsa/..sholat aja kagak yg lima waktu…mudah tapi sukit tuk dilakukan…hanya yg beriman dapat melakukan dngan mudah..mari qta usaha beribadah dengan lebih baik lagi sodara sseiman ….amin..AllahMaha tahu dan adil

  12. batapa besar nya nikmat mu ini ya allah/wahai ummat sekalian redha lah atas pemberian allah semoga semua ummat islam dapat merasa keindahhan di dunia ini ……….aminnnnnnnnnnnn…………………

  13. “SUubhanalLoh, maha besar ALlah SWT atas segala karunianya”

    Diatas diceriitakan bahwa kenikmatan disurga adalah kekekalan bagi umat muslim yang berimam, namun sepertinya Yang jadi prioritas atau subyek utama kenikmatan disurga adalah lelaki yg beriman, sedangkan bagi perempuan tidak sama sekali, Pertanyaan saya!!!
    .Apakah seorank perempuan disurga mendapat derajat kenikmatan yang sama dengan seorank lelaki?
    .Apakah perempuan disurga juga mendapatkan suami-suami sama seperti bidadari?
    =Sebelumnya saya tidak atau belum tau tentang hadist yg menyatakan penghuni perempuan disurga, mungkin kalau ada, bolehkah dtambahkan diartikel ini,^^ supaya tambah menarik dan menambah kemimanan kita terutama bagi kaum wanita”
    gOod lUck^.<,!

  14. Ya Allah ampunilah dosa-dosa ku dan dosa kedua orang tua ku dan jadikan lah kami sekeluarga penghuni surga Mu……. Amin Ya Rabbal Alamin…

  15. ya! Allah….Engkau lah maha segalanya….berkati lah kami sekerluarga..lindungi lah kami kejalan yang Engkau redhai

  16. sungguh maha besar engkau ya Allah. .
    Semoga engkau jd kan hambamu ini hamba yg berada d jaln lurus mu . .. . .amin

  17. sungguh maha besar kuasa mu ya ALLAH….
    engkau lah segala galanya…..
    ya ALLAH ampunilah dosa dosa ku………

  18. Ya ALLAH…. Subhanalla…..
    layakkah hambaMU yang kerdil ini memasuki syurgaMU…
    ALLAHU AKBAR…

  19. @MEI PITA SARI..
    ANA MEMANG GAK HAFAL AYAT NYA TAPI INTINYA BEGINI,ALLAH TU MAHA ADIL DAN BIJAKSANA,Dia akan membalas kebaikan yang kita lakukan dengan surga yang penuh kenikmatan n membalas kejahatan dengan neraka yang penuh dengan kesengsaraan.
    pertnyaan yg pertama,tentu saja mei,karna Allah tidak membeda2 kan wanita dan pria,di akhirat kelak semua (yang beriman semasa hidupnya) akan bangkit dengan wajah cerah di dalam surga.
    kedua,ya..pasti..karna Allah akan membangkitkan manusia berpasang2an.kalo udah dibilang berpasang2an pasti yang terlintas dibenak kita adalah lelaki dan perempuan,bukan!!
    semoga iman kita bertambah,pelajarilah islam lebih dalam insyaallah kita akan dapat menjawab semua pertanyaan..
    wassalam.

  20. subhanallah……

    sungguhh besarr kharuniamuu dpat memblas smua ygg telah kita lakukan dngan balasan surga dan neraka…….

  21. bismillahirahmanirrahim
    subhanallah.
    ya allah..mhonkan ampunan mu.
    aku sllu berbuat slah.
    smoga syurga itu dpat ku raih

  22. ya Allah…Kalau seorang Nabi pun bisa pingsan melihat neraka, kita yang jahil apatah lagi..
    “Ya Allah,hambamu ini takut masuk neraka..ampunnilah dosa-dosa ku dan para sahabatku~lindungilah kami semua dari azab api neraka.”AMIN~

  23. SUBHANALLAH…… INDAHNYA KURNIANMU……………………………..
    YA ALLAH….. PANJANG KAN LAH UMUR KEDUA IBUBAPA KU………DAN KU
    SIHAT KAN IBUBAPA KU…………………DAN KU.SELAMAT KAN LAH KELUARGA KU……

  24. Allah huakbar..subhanallah..
    Ya Allah ampunilah segala dosaku..kelalaianku kehilapanku,sunguh besar nikmat yg engkau karuniakan untk ku..

  25. ya allah,ampunilah dosa2 ku dan kdua orang tua q.jdi kn la kluarga kmi golongan orang2 yang engkau ridho’i

    dn jaukan la kluarga q,dari siksa api neraka mu….

    amin,amin,ya rob’bal alamin

  26. @mei pitasari

    perempuan di mata islam amat sangatlah mulia. makanya islam mengajarkan wanita untuk menutup aurat nya lebih banyak dari pada laki-laki. itu di karenakan islam memandang wanita bagaikan sebuah mutiara yang harus di bungkus dan dijaga dengan amat sangat baik.
    begitu juga di akhirat nanti, wanita yang sholeha akan ditempat kan ALLAH SWT sebagai Ainun Mardiah atau ratu nya Bidadari. yang mana di katakan dalam sebuah hadist kecantikan seorang wanita soleha di surga nanti 70 kali lipat lebih cantik dari pada Bidadari.
    yang mana satu bidadari itu terbuat dari Zafaron dan kasturi. dan kalau bidadari,air liur nya jatuh ke air laut yang asin ini maka akan terasa manis air lautan. bayangkan jika seorang wanita sholeha di surga yang kecantikan nya 70 kali lipat dari pada bidadari… WUOLLOHHUALLAM….

  27. Ya Allah, kami mohon kepada-Mu akan keselamatan dalam agama, kesehatan dalam badan, bertambah dalam ilmu, keberkatan dalam rejeki, taubat sebelum mati, rahmat ketika mati, dan ampunan sesudah mati.
    Ya Allah, ringankanlah kami ketika sakratul maut, dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka, dan memdapat ampunan di hari perhitungan amal.
    Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau sesatkan kami sesudah mendapat petunjuk, berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Karena sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemurah.
    Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kesejahteraan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.

  28. sungguh bsar ke agungan moe ya allah engkou maha pencipta sgalanya langit&bumi (ya allah smoga sja hamba moe smuanya mgamga masuk surga

  29. Subhanallah….

    Amat sangat bersyukurnya aku, walau dalam mimpi aku sudah bisa menyimpulkan gambaran didalam surga walau masih disekitar taman saja, pada saat berada didalam suatu taman yang belum pernah saya jumpai dan tidak mungkin taman seindah itu dibuat oleh tangan manusia dan teknologi canggih manapun. dan pada saat aku ada didalamnya hati ini ada yang kasih tahu bahwa keberadaanku ada disurga. Dua bidadari cantik menemaniku, ada disebelah kanan dan kiriku, berbusana anggun, cantik dan sangat sopan (belum pernah aku jumpai didunia ini wanita secantik itu), yang aku lihat disurga adalah, taman hijau yang amat sejuk disekelilingnya ada seperti kabut tipis, ada tempat duduk alami, sungai kecil mengalir air yang sangat jernih. Seperti itulah keadaannya dan yang aku ketahui disurga. Subhanallah….

  30. Subhanallah.. Surga memang cita2 kita sebagai hamba allah… Kita dlm hdp ini dipersilahkn untk memilh tujuan kita masing2.. Yg mau masuk surga, ya harus kerjakan pernth2 allah & meningglkn laranganNYA.. Tp aku setuju, bicara yg mudah. Untk mengamalknny sangat banyak ujian & tantangn2. Marilah kita selalu berdo’a dan memohn kpd Allah.. Agar kita bisa mewujudkn impian kt tersebut. Kita bisa menikmati kebahagiaan hdp di dunia..& memperoleh Syurga Allah di akhirat kelak. Amin… Ya Allah….

  31. sungguh besar kekuatanmu yaallah,,,,,mudah”han hamba bisa jadi hambamu yang shaleh,,,?yg bisa mencicipi air surga yang jernih itu

  32. Dari semua apa yang kita liat dan kita baca diatas mari kta ambil suri tauladan yang telah diberikan dan di contohkan oleh NABI IDRIS agar supaya kita bisa memilih apa yang kita kehendaki kalo kita berbuat jahat jelas tempatnya…………….. kalao kita berbuat baik tentu tempatnya ………………………… .semoga kita kaum muslimin dan muslimat menjadi hamba -hamba kekasih Allah SWT Amin. amin. amin

  33. SUBHANALLOH, WALHAMDULILLAH, WALAAILAAHAILALLOH, ALLOHUAKBAR.

    Alhamdulillah kita semua dapat diberikan kesempatan untuk bisa membaca kisah Nabi Idris a.s yang betapa mulianya beliau bisa diberikan rahmat oleh Allah untuk bisa melihat keadaan Surga dan Neraka yang ada didalamnya.

    semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang sholeh&sholehah, orang-orang yang bertaqwa. AMIN YA ROBBAL ‘ALAMIN

  34. sungguh menkjubkan kuasa mu y rob !!
    nabi idris ajah takut akan ajab mu ya allah
    apa lagi hamba mu ini yg awam akan islam !!
    mungkin islam hamba haya di ktp sajah saat ini !!!

  35. ya,allah sungguh indah syurgamu…..engkau maaflah apa yang hambamu buat……hambamu takut kepada neraka…….hambamu melihat sugguh indah kepada syurgamu……allah yang maha kuasa lagi maha penyayang…..amin

  36. yang aq herankan… kenapa malah banyak sekali kaum kafir yang mendapat anugerah kesaksian surga dan neraka???…dan inti cerita tentang isi surga dan neraka mereka itu adalah sama satu sama lain… meskipun berbeda penjelasannya… sungguh menakjubkan

  37. subhanalloh..menjadi sebuah motivasi utk kita lebih mencintai Alloh.dan mempertebal iman kita.
    InsyaAlloh..kita menjadi hamba2a yg selalu dicintai Alloh.amin

  38. ya alloh sungguh besr kuasa mu kau telah tunjukan bagai mana kekuasaan mu,,,
    .
    ,ya alloh sungguh aku tak layak ke syurgamu namun aku juga tak sanggup kenerakamu,,,,

  39. ya allah indahnya..setiap kali aku memikirkan engkau aku pasti menangis…,sebab aku dah tak punyai sesiapa di dunia ini..moga moga aku diberkati oleh engkau ya allah..,dah dijauhi oleh api nerakamu dan dosa-dosamu..amin…

LEAVE A REPLY