Sesungguhnya kami telah memberi kekuasaan kepadanya di muka bumi, dan kami telah memberikannya jalan untuk mencapai sesuatu.

Dialah Raja Muslim yang sangat berkuasa namun saleh. Daerah taklukannya membentang dari bumi bagian barat sampai timur. Ia mendapat julukan Iskandar “Zulkarnain”. “Zul”, artinya “memiliki”, Qarnain, artinya “Dua Tanduk”. Maksudnya, Iskandar yang memiliki kekuasaan antara timur dan barat.

Dia juga telah membangun dinding besar berteknologi tinggi untuk ukuran saat itu, diantara dua Gunung. Para ahli sejarah meyakini, dinding tersebut terbuat dari besi yang dicampur dengan tembaga itu terletak tepat di pengunungan Kaukasus. Daerah itu kini disebut  Georgia, negara pecahan Uni Soviet.

Secara topografis, deretan pegunungan Kaukasus itu memang terlihat memanjang dari laut Hitam sampai ke laut Kaspia sepanjang 1.200 kilometer tanpa celah. Kecuali pada bagian kecil sempit yang disebut celah Darial sepanjang 100 Meter kurang lebih. Pada bagian celah itulah Zulkarnain membangun tembok penghalang dari Ya’juj dan Ma’juj.

Kisah ketokohan Iskandar Zulkarnain ini juga tertulis dalam catatan sejarah orang-orang barat. Dalam catatan tersebut diceritakan bagaimana ia berjaya meluaskan daerah taklukannya dalam masa yang sangat singkat. Oleh karena kejayaannya ini, ia diberi gelar “Alexander The Great”, Alexander Yang Agung”. Belakangan cerita ini diadaptasi ke film layar lebar oleh Sutradara Amerika Serikat, Oliver Stone, dengan judul Alexander The Great.

Namun cerita dari orang-orang barat tersebut sangat bertentangan dengan yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Para Mufasir menyatakan, “Alexander The Great” adalah orang yang berbeda dengan tokoh yang di tulis dalam Al-Qur’an, Yakni, Iskandar Zulkarnain. Alexander Thr Great itu dalam sejarahnya tidak diberitakan pernah membangun sebuah dinding besar berteknologi tinggi untuk ukuran saat itu, yang terbuat dari besi dicampur tembaga. Bahkan, ia adalah seorang musyrik. Sejarah tidak mencatatnya sebagai seorang Raja Muslim yang taat kepada agama Tauhid.

Sejarawan Muslim yang juga ahli tafsir, Ibnu Katsir, dalam kitabnya Al-Bidayah Wan Nihayah menjelaskan, meski punya nama yang sama dan plot cerita yang sama, yaitu kekuasaannya membentang dari Barat sampai ke Timur, keduanya adalah sosok yang berbeda. Antara mereka terbentang jarak dan waktu sampai 2000 tahun. “Hanya mereka yang tidak mengerti sejarah yang bisa terkecoh oleh identitas kedua orang itu,” katanya.

Ibnu Katsir lebih jauh menjelaskan, Zulkarnain adalah nama gelar atau julukan seorang penglima penakluk sekaligus Raja saleh. Karena kesalehannya ia selalu mengajak manusia untuk menyembah Allah. Namun mereka ingkar, malah memukul tanduknya – Qarnun, yaitu rambut kepala yang di ikat – sebelah kanan, hingga ia mati. Lalu Allah menghidupkannya kembali, dan ia pun kembali berdakwah. Tetapi sekali lagi tanduknya yang kiri dipukul, sehingga ia mati lagi. Allah SWT menghidupkannya kembali dan menjulukinya Zulkarnain, pemilik duaTanduk, serta memberinya kekuasaan.

Cerita yang sama juga di jumpai dalam kitab Jami Al-Bayan fi Tafsir Al-Qur’an, karangan Syekh Al-Aiji Asy-Syafi’i. Dalam kitab tersebut disebutkan, Zulkarnain adalah seorang hamba yang taat kepada Allah dan mengajak kaumnya menyembah Allah. Lalu mereka memukul tanduknya yang kanan hingga mati. Kemudian Allah menghidupkannya lagi, dan dia kembali mengajak kaumnya mengesakan Allah. Tetapi mereka malah memukul tanduknya yang kiri hingga mati lagi. Lalu Allah menghidupkannya lagi dan menganugrahinya kekuasaan yang tak tertandingi. Oleh karena itu ia dijuluki Zulkarnain.

Di samping kedua kitab tersebut, Mufassir Muslim Ibnu Jarir Ath-Thabari juga mengisahkannya dalam kitab tafsir Ath-Thabari. Dikatakan, Iskandar Zulkarnain adalah seorang laki-laki yang berasal dari Romawi, ia anak tunggal seorang yang paling miskin diantara penduduk kota. Namun dalam pergaulan sehari-hari, ia hidup dalam lingkungan kerajaan, bergaul dengan para perwira dan berkawan dengan wanita-wanita yang baik dan berbudi serta berakhlak mulia.

Imam Al-Qurtubi dalam kitab tafsir Al-Qur’annya yang populer, Tafsir Al-Qurtubi, menceritakan, sejak masih kecil dan masa pertumbuhannya Iskandar berakhlak mulia. Melakukan hal-hal yang baik sehingga terangkat nama baiknya. Ia juga menjadi mulia di kalangan kaumnya, sehingga Allah berkenan memberinya kewibawaan.

Setelah mencapai usia akil balig, Iskandar menjadi seorang hamba yang saleh, sehingga Allah Berfirman, “Wahai Zulkarnain, Sesungguhnya aku mengutusmu kepada umat-umat di bumi. Mereka adalah umat yang berbeda-beda bahasanya dan mereka adalah umat yang berada disegala penjuru bumi. Mereka terbagi dalam beberapa golongan.”

Mendapat amanat tersebut, Zulkarnain lalu berkata, “Wahai Tuhanku, Engkau telah menugasiku melakukan seuatu hal yang aku tidak kuasa melakukannya kecuali engkau  sendiri, maka beritahukan kepadaku tentang umat-umat itu, dengan kekuatan apa aku bisa melawan mereka? Dengan kesabaran apa aku bisa menahan mereka? Dan dengan bahasa apa aku harus bicara dengan mereka? Bagaimana pula aku bisa memahami bahasa mereka sedangkan aku tidak mempunyai kemampuan.”

Kemudian Allah SWT berfirman”Aku membebanimu sesuatu yang kamu mampu melakukannya, aku akan melapangkan pendengaran dan dadamu hingga kamu bisa mendengar dan memperhatikan segala sesuatu. Memudahkan pemahamanmu sehingga kamu bisa memahami segala sesuatu, meudahkan lidahmu, hingga kamu bisa berbicara tentang sesuatu, membukakan penglihatanmu, sehingga kamu bisa melihat segala sesuatu, melipatgandakan kekuatanmu hingga tak terkalahkan oleh sesuatu apapun, menyingsingkan lenganmu, hingga tidak ada sesuatupun yang berani meyerangmu,  menguatkan hatimu, hingga kamu tidak takut pada apapun, menguatkan kedua tanganmu hingga kamu bisa menguasai segala sesuatu, menguatkan pijakanmu hingga kamu bisa mengatasi segala sesuatu, memberimu kemuliaan hingga tidak ada apapun yang menakutimu, menundukkan untukmu cahaya dan kegelapan dan menjadikan salah satu tentaramu. Cahaya itu akan menjadi petunjuk di depanmu, dan kegelapan itu akan berkeliling di belakangmu.

Bersambung

53 COMMENTS

  1. […] Iskandar Zulkarnain memutuskan menggempur mereka yang durhaka dan jahat, sedangkan orang yang baik akan dilindungi. Sebelumnya ia berkata kepada bangsa tersebut, “Siapa yang aniaya, akan kami siksa dan dikembalikan kepada Tuhan, agar Tuhan memberikan siksa yang lebih pedih lagi. Adapun orang-orang yang saleh dan baik, akan kami lindungi, dan kepadanya kami hanya akan memerintahkan kewajiban-kewajiban yang ringan.” […]

  2. dalam hal ini, masih banyak pertentangan oleh para ahli Muslim ttg siapakah karakter yang pas untuk Dzulkarnain pada Surat al-Kahfi (18 : 96) dalam sejarah..

    Apakah yang dimaksud Iskandar “Dzulkarnain“, ialah Raja dari Macedonia – Alexander Yang Agung, ataukah Cyrius – Kaisar dari Persia?

    Keberadaan Tembok Kaukasia (Caucasian Wall), juga disebut Tembok Alexander, diisyaratkan berhubungan dengan salah satu tanda datangnya kiamat – hancur secara fisik – ketika bangsa yang dinamakan Ya’juj dan Ma’juj (Gog dan Magog – versi Barat, kaum Kulit Kuning – Oriental, Hindu, Animis, atau Komunis Rusia) menimbulkan kerusakan di muka bumi (al-Kahfi 18 : 94).

    Wallahu a’lam..

    t`kasih infonya 😉

  3. hahahaha…a neh2 aj ni. masa alexander kaya gitu?? skalian aja tuh leonidas spartan adalah raja muslim dari arab yg merantau menjadi spartan… huh…. sok tau kalian tuh. ayo apa lagi cerita konyol kalian?? hhaha

  4. seperti halnya iskandar zulkarnain yang diberikan kemampuan, kayaknya sumanto juga mendapatkan anugerah, buta sejarah dan mata hati, yang menanggapi bkn dengan otaknya, tp “dengkul”

  5. Alquran (firmannya Allah yg maha berkuasa)…kita kembali kepada Alquran…sungguh luas pengrtian surah alkahfi tentang manusia saleh (iskandar zulkarnain)…ºººº sesungguhnya perkataan (firman) allah itu adalah maha benar…hanya penafsiran kita kurang tepat…ada prcanggahan pendapat..antara kita sama kita….. Tapi percayalah Allah SWT menyukai orang yg mempelajari alquran…dan mengamalkannya…

  6. alangkah bodohnya dirimu wahai sumanto…. kenapa kamu diberikan otak tidak kamu gunakan untuk berfikir, diberikan pemahaman tapi kamu tidak bisa memahami tentang sejarah, apakah kamu yang tau hanya makan bangkai manusia????

  7. Iskandar masih bisa dsbut Alexander (hanya dalam beberapa kasus)
    Iskandar Zulkarnaen jelas bukan Alexander the Great

    fakta, sejarah membuktikan. Alquran sering keliru. mungkin yang membuatnya manusia, rentan dengan kesalahan. Diterangkan di alquran pada bagian cerita tsb, tidak ada kata-kata Iskandar Z. Yg ada hanya Zulkarnain.

    Krn Alexander mempunyai gelar Raja Makedonia, Hegemon Liga Hellen, Shahanshah Persia, Firaun Mesir dan Penguasa Asia, itu sudah lebih dari impian dia menyamai Achiles dan bahkan mengalahkan daerah kekuasaannya.

    Nah.. mungkin Zulkarnain itu, salah 1 org recruit-an dr arab, jadi deh mulai ngawur si pembuat cerita, lalu pembuat cerita memberitakan pada si penulis, tambah ngawur lagi deh ya.. LOL

    berikut sdkt cuplikan:
    83. Mereka akan bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Zulkarnain. Katakanlah: “Aku akan bacakan kepadamu cerita tentangnya”.
    84. Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepadanya di (muka) bumi, dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu,
    85. maka dia pun menempuh suatu jalan.
    86. Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbenam matahari, dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat. Kami berkata: “Hai Zulkarnain, kamu boleh menyiksa atau boleh berbuat kebaikan terhadap mereka”.
    87. Berkata Zulkarnain: “Adapun orang yang aniaya, maka kami kelak akan mengazabnya, kemudian dia dikembalikan kepada Tuhannya, lalu Tuhan mengazabnya dengan azab yang tidak ada taranya.
    DST….

  8. Kt jgn saling ngejek satu sm lain palagi brprasangka yg bukan2 yg jelas benar atau tdkny hanya tuhan yg tahu..toh yg nanggung sgala resikonypun dia sendiri,yg lebih yakin&pasti kesemuany itu ada pertanggungjawabanny kelak nanti..pengadilan tuhan tdk akan pernah meleset bro…ok piss ah…(ti urg bandung)

  9. Pepek lu LOL… Urus saja perbuatan mesum pendeta2 elu skalian ama biarawan/biarawatinya… Kaum elu tuh yg suka nulis sndiri kitabnya disesuaikan dg syahwat masing2

  10. Sabar wahai saudaraku.. jika ALLAH menghendaki niscaya ALLAH akan membuat semua manusia beriman.. sekarang ada yang percaya dengan kisah2 yang diceritakan AL-quran dan ada yang tidak percaya.. bahkan mengingkarinya.!! Sebagai seorang muslim kita wajib mempercayai AL-quran.. biaarlah mereka orang2kafir berbuat zalim kepada diri mereka sendiri, mendustakan ayat2 ALLAH yang menyebabkan dirinya jatuh kedalam neraka..!! aku berlindung padamu ya ALLAH dari kebodohan orang2 kafir yang mengatakan Engkau mengambil seorang anak dari kalangan manusia.. Maha suci ALLAH dari apa yang mereka sangkakan.!!

  11. untuk saudara LOL dan SUMANTO, hati2 klu berkomentar… kita punya keyakinan masing2… jgn terlalu klu gk tauh.

  12. sebab “jika kita membahas tentang agama (global) itu sebetulnya akal pikiran tdk dipakai,,krn pada intinya agama itu urusan yg GHAIB & hanya bisa dirasa utk mempercayainya dgn usaha utk menemukannya”
    NB: dirimu blm tentu benar,diriku juga blm tentu benar & hanya DIA yg benar.

  13. inilah konsekwensi orng Islam ketinggalan teknologi,,,bandingkan aksi Leonidas (300 pasukan) dengan kisah perng Badar,,,bandingkan Rambo dan Achilles dengan kepahlawanan Ali Bin Abi Thalib yang belum pernah kalah dalam duel, bandingkan juga aksi heroik dalam film2 holywood lainnya dengan kehebatan Khalid Bin Walid selama memimpin pasukan tidak terkalahkan….? generasi muda Islam akhirnya lebih familiar dgn tokoh2 barat dari tokoh2 Islam yg ada,,,padahal kalau mau jujur,,justru kisah2 dalam sejarah Islam lah yang menginspirasi aksi film barat yang bersifat heroik,,,semua itu akibat dari ketertinggalan kita,,hmm smoga saja tdk berlarut2,,amin..

  14. Budiman….knp nama mu budiman,tp otak mu urakan…
    yg ente ceritain itu semua kisah fiksi cuma ada dalam film(rambo dkk),sedangkan ali bin thalib,khalid bin walid adalah kesatria2 pemberani,tercatat namanya dlm sejarah,memimpin pasukan di usia 17 tahun,kejayaan islam hanya dalam tempo kurang dr 50 tahun adalah krn org2 seperti mereka

  15. Jelas dari tulisan diatas tdk ada kalimat yg membenarkan bahwa Alexander The Great adalah Iskandar Zulkarnain, cuma orang yang gak berakal yg berlagak mau pake internet yg komen bawa2 nama agama. Terimakasih.

  16. saudara lol jangan asal njeplak!!

    sertakan bukti dan sumbernya jangan cuma mengatakan
    al Quran keliru

    goblok

  17. lailah ha illallah,tak ada tuhan selain allah..muhammad saw rasullullah.cukup allah menjadi pelindung bagi org beriman,dan ingatlah wahai manusia,alquran itu datang dr allah bkn rekayasa manusia & jin..beruntunglah bagi mrk yg mengamalkan serta meyakini hari berbangkit yakni kehidupan setelah mati..dan janganlah kamu menghina patung atau berhala org kafir krn mrk akan menghina allah lebih dr itu,hal itu trjadi krn mrk kaum yg tidak mengerti..tp ingatlah pd hr akhiratlah hal itu semua terbukti..islam itu benar,nabi muhammad benar.tapi sangat sayang, sekarang, org islam sendiri yg merusak agamanya,kecuali mrk yg benar-benar takut kepada allah yg menjaga agama islam dg benar..belumkah tiba masanya orang beriman kusyuk hatinya mengingat allah..mengingat kebenaran yg datang dari allah.(insyaallah,sy mau diskusi bagi siapa yg ingin bertanya tentang islam khususnya yg non islam supaya jangan menerka-nerka karena agama islam ada hukumnya, tidaklah alquran itu diturunkan untuk membebanimu tetapi allah hendak menunjukkanmu jalan yg lurus)

  18. Saudara muslimku, LOL mungkin salah menyebut Al Quran keliru, jelas dia salah. Al Quran tidak pernah salah dan tidak akan pernah salah, karena berisi firman Allah yang diwahyukan ke Rasulullah melalui malaikat Jibril. Yang salah adalah pemahaman kita, penafsiran kita. Penafsiran harus selalu dikaji dan dikaji, sehingga kebenarannya diterima akal. Tentang Iskandar Zulkarnain, adalah benar apabila dalam Al Kahfi tidak pernah disebutkan bernama Iskandar, yang disebut adalah Dzulqarnain saja, tanpa tambahan Iskandar. Dzulqarnain adalah raja yang adil dan bijaksana, menyembah Allah SWT. Sedangkan Alexander the Great masih muda – jelas tidak mungkin bijaksana – (meninggal usia ±30th) berasal dari Macedon (daerah Yunani saat ini), dia beragama pagan (menyembah banyak dewa) yang jelas bukan agama Samawi, Alexander tidak menyembah Allah Yang Esa. Memang Alexander orang besar dan hebat, tapi dia tidak seperti Dzulqarnain dalam Al Kahfi (yang bijak dan penolong).
    Saudara muslimku mohon untuk mencari kajian jangan hanya dari satu sumber, cari sumber lain untuk perbandingan, sumber tersebut janganlah bertentangan dengan Al Quran. Sehingga saat kita menjawab komentar-komentar umat lain ataupun orang tidak beragama, kita bisa menjawab dengan santun tanpa terbawa emosi, karena mereka pasti kalah…, karena yang kita katakan adalah kebenaran yang sudah teruji.

  19. sesuatu hal yang mungkin selalu kita debatkan padahal kita belum tahu pasti kebenarannnya hanya keyakinan lah yang mampu membuat diri kita percaya.
    jadi, janganlah kita saling menjelekkan, jika kita memang beragama teguhlah pada keyakinan kita dan percaya bahwa kebenaran akan berbicara pada waktunya

  20. si sumanto ini sudah kekenyangan mayat ya,terus si lol ini sudah gak bisa tertawa ya,makannya mikir tuh pake otak jangan pake yang kamu buat duduk,lagian di artikelkan ditulis kalau menurut beberapa sumber “yang masih opini” bahwa iskandar zulkarnaen sama adalah alexander the great,itu masih pendapat orang bukan pernyataan resmi orang,lagian al quran kata elo salah mana buktinya???,kitab elo tuh yang salah,di alquran dijelaskan bahwa tuhan satu,sedangkan di kitab elo ada 3 tuhan bapak,tuhan ibu,tuhan anak,terus kalau ada ibu dan bapak artinya kawin donk tuhan elo kawinin,punya otak enggak elo,nanti kalau engak srek gimana cerai gitu,terus hakimnya sapa?,agian kalau ada bapak sama ibu masak punya anak satu pasti mau nambah donk,berarti jesus punya adik donk?,kalau gitu sapa nama adiknya jesus ha?,bisa jawab gak elo,lagian yang elo anggap jesus itu nabi isa,dasar kalian otak somplak kalau mikir serba dibolak-balik,coba elo pikir kalau jesus tuhan masak tuhan makan,tuhan bernafas,tuhan bisa beol,tuhan bisa tidur,bukankah jesus melakukan semua hal itu,apakah tuhan seperti itu dan saya yakin orang yang sebenarnya nabi isa yang kalian anggap jesus itu juga demikian iya kan,kalian laknatullah betobatlah sebelum siksa paling perih karena ketidak tahuan kalian membahayakan kalian sendiri

  21. sila bace ALEXANDER ADALAH ZULQARNAIN, seakan-akan sudah mendapatkan jawapan pada pertanyaan:

    “Siapakah Zulqarnain yang disebut dalam Al-Quran, surah Al-Kahfi, ayat-ayat 83-98?”

    Bagaimanapun, rasanya begitu berat hendak membacanya sehingga habis kerana buku ini mengandungi 730 halaman, tidak termasuk bahagian pendahuluan.

    Namun begitu, sejurus saya mula membaca dan membelek-belek buku ini, keinginan untuk mendapatkan jawapan pada pelbagai persoalan terus berlegar di fikiran.

    Terdapat beberapa keistimewaan yang ada, yang mendorong saya membaca buku ini sehingga ke penghujungnya.

    Buku ini juga mudah difahami isinya kerana ada ringkasan dalam bab pendahuluan.

    Ia pula terbahagi pada 15 bab dengan nota dan keterangan serta senarai rujukan tersisip di akhir bab tersebut sebagai kajian lanjutan.

    Itulah antara keistimewaan buku ini yang padat dengan peta dan kronologi sejarah, berdasarkan manuskrip dan pandangan orang Barat.

    Dan kerana Zulqarnain disebut dalam Al-Quran, maka terdapat ulasan para ulama Islam dan ahli tafsir, mengenai siapakah Zulqarnain.

    Diterangkan dalam buku ini bahawa Zulqarnain ada hubungan ilmu dengan Luqman Al-Hakim, yang sebenarnya adalah Socrates.

    Bab satu dan dua mengandungi tafsiran dan fahaman para ahli tafsir dan juga sejarawan Barat mengenai Zulqarnain dan The Great Alexander.

    Bab tiga dan empat mengandungi sejarah para penguasa dunia dan raja-raja yang melawan Yakjuj Makjuj.

    Bab lima hingga tujuh pula menyentuh tentang Oasis monotisme dalam gurun paganisme Yunani, perihal Yunani melawan Parsi dan juga ziarah Alexander ke Baitulmakdis.

    Bab lapan menyingkap pengembaraan Alexander ke arah barat (Al-Kahfi: 83-88) manakala bab sembilan hingga 12 menceritakan tentang pengembaraannya ke arah timur, pertemuannya dengan bangsa Yakjuj Makjuj, proses membina kota Alexanderia Eschate dan tembok besi (Al-Kahfi: 89-98).

    Konflik dalaman Alexander dengan penganut paganisme dan jawapan terhadap tuduhan para ilmuan Barat bahawa Zulqarnain bukan Alexander menjadi teras dua bab selanjutnya.

    Penulis buku, Wisnu Sasongko, adalah pensyarah dan pengkaji di Universiti Brawijaya, Malang, Indonesia.

    Karya ini adalah antara buku paling laris yang pernah beliau hasilkan dengan penjualan lebih 10,000 naskhah dalam sebulan pertama ia diterbitkan sekitar Mac 2010.

    Al-Quran tidak memastikan bahawa Zulqarnain adalah The Great Alexander, namun dari segi fakta sejarah dan penyelidikannya maka keputusan penulis mengatakan bahawa Zulqarnain adalah The Great Alexander.

  22. Islam agama yg damai. gak afdhal kalo kita berpolemik ttg sesuatu yg belum pasti…(bisa ya/bisa nggak) tapi dalam berpendapat tentu didasari olh daftar literatur yg tlh dibaca. semakin bnyk sumbernya semakin baik. setelahnya ki
    ta bisa menyimpulkan.
    Berdasarkan hal di atas, menurut saya: Iskandar Zulkarnain as adalah nabi yg menjadi penguasa besar bumi pertama,jauh sebelum nabi Sulaiman as Raja terbesar yg pernah ada,penguasa bagi golongan jin & manusia.
    Iskandar zulkarnain as besar & tumbuh bersama dgn sepupunya yg juga menjadi nabi, Khidir as. Berdua mereka seiring sejalan menebar & menyampaikan risalah perintah Allah swt bagi banyak suku manusia,karena wilayah kekuasaan Beliau dari Barat sampai ke Timur.
    Konon kisahnya suatu ketika Iskandar Zulkarnain (IZ) as bermunajat kpd Allah swt minta dipanjangkan umur (abadi).Singkatnya kemudian Allah swt memberi petunjuk bahwa utk abadi seseorang hrs meminum “air keabadian” yg disimpan rapi Allah swt dlm sebuah gua jauh ke arah timur dari Istananya. Dalam pencarian “air keabadian tsb. IZ as ditemani oleh saudara sepupunya Khidir as dan Malaikat penuntun Rafail (Malaikat yg kelak juga dikisahkan menjadi salah satu malaikat yg menemani Nabi Isa as turun ke bumi menemui ibunya Maryam ra).
    Takdir Allah swt ternyata lain. Pada waktu pencarian air keabadian di dalam gua yg gelap pekat,air keabadian justru tumpah ke wajah dan mulut nabi Khidir as dan terminum tanpa sengaja walau hanya sedikit. Padahal nabi Khidir hanya berniat utk membantu nabi IZ as utk mencarikan air tsb. Demikianlah akhirnya Khidir as lah yg akhirnya menjadi abadi. Sebagai Raja besar sekaligus nabi bagi IZ as tentu cepat meyakini itulah ketetapan dan kehendak Allah swt.
    Iskandar Zulkarnain as hidup semasa dgn Khidir as sebelum zaman nabi Musa as & Harun as. Jika nabi Musa as saja hidup lebih dari duaribu tahun sebelum nabi Isa as. Maka dapat di pastikan Iskandar Zulkarnain versi Islam(al’qur’an) bukanlah Alexandre the Greatest nya versi Barat yang hidup hanya lebih kurang 200 th sebelum masehi/ sebelum nabi Isa as. Selanjutnya boleh jadi sama orangnya tapi salah satu ceritanya sudah dimodifikasi baik tempat ,maupun masa atau tahunnya sehingga jadi jauh berbeda.
    Kepastian tentang Iskandar zulkarnain as hanya Allah swt yg tau…wallahualam.
    Kita sbg Bangsa Indonesia tak perlulah berselisih tentang hal ini… mari habiskan waktu kita utk yg lebih bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan negara. Hilangkan kesukuan dan golongan.Bersatu untuk Indonesia yg lebih maju. trm kasih

  23. Logika… Masa ada Tuhan di paku dan cuma pake CD doang? Yang paling parah di sembah2.. Tapi terserah aja.. Itu keyakinan masing2.. Tapi, sejarah tidak perlu di pleset2kan hanya utk menarik org lain masuk ke dalam keyakinan kalian.. Iskandar Zulkarnain mmg benar Raja yg saleh dan taat kpd Allah SWT.. Alexander Agung itu versi plesetannya yg pake kolor doang.. Kalau kagak percaya, bisa kontak gue.. Kebetulan gue kenal sama yg pake kolor..

  24. Kalo Iskandar Zulkarnain bkn Alexander The Great, hrs nya para sejarawan muslim bisa membuktikan siapa sebenarkan zulkarnain dengan fakta2 sejarah seperti angka tahun kpn dia hidup, prasasti ato tulisan2 yg pernah ditinggalkannya sepanjang pemerintahannya, aspek politik, agama, hukum, kebudayaan, dll yg berkembang pd saat itu. Sehingga keberadaan iskandar zulkarnain bkn sebuah legenda tp fakta sejarah yg mmg ada. Krn jika keberadaan tokoh besar bisa dibuktikan dg fakta2 sejarah maka baru bisa dikatakan bahwa tokoh tsb mmg ada dan bkn sebuah mitologi.

  25. Sumanto, lol: jgn byk bacot, sbagai pembaca, cukup di pahami aj, jgn komen yg meleceh kan atau menghina kyk gtu, klw gx setuju sma artikel di atas, ya udh jgn berkomentar kyk gtu. Klw mw berkomentar, jgn saling menjelek kan agama. Tp komentar yg melurus kan alur cerita yg kuras di pahami.
    @all: jgn smpai terpancing emosi sma mereka berdua, bs jd mereka berdua provokator, memancing emosi umat muslim.

  26. semua yg ada dlm Alqur’an itu benar n ada fakta ilmu pengetahuanx. contohx: didalam alqur’an disebutkan ttg sistem tata surya. hal itu disebutkan dlm alqur’an sejak 14 abad yg lalu n ilmuwan barat mengakuix. beda kitab2 agama lain yg tdk ada ilmu pengetahuanx. mkx islam pernah menguasai hampir seluruh muka bumi ini krn ilmu pengetahuanx. tpi yg namax hukum Allah tetap berlaku kpd siapapun sperti siang n malam. ketika islam habis masa jayax mk barat yg mengambil ilmu tsb n menguasaix sedangkan org islam mundur kebelakang krn tdk mau mempelajari lgi alqur’an.

  27. Iskandar = Alexander
    Iskandar nama dalam bahasa indonesia
    Alexander dalam bahasa Inggris
    Iskandar Zulkarnain adalah pemuda kelahiran Padang (Minangkabau)Indonesia yang berjaya di dunia sampai bisa menguasai terusan Suez pada zamannya dan memungut uang dari setiap kapal yang melintas….

  28. Dengan pelbagai teknologi canggih era ini sains telah dapat menemukan pelbagai kebenaran kandungan Al-Quran. Manusia yang perlu menggali intipati kandungan Al-Quran. Kalau Allah mahu mendetailkan/memperincikan segala kejadian didalam Al-Quran maka berapa juta naskah perlu dicatatkan dalam AlQuran sedangkan sedikit bidang ilmu sains sahaja (penciptaan basikal contohnya)mungkin terkandung dalam beberapa buku yang tebal. Nah!. kepada Dyah, jika mahu diperincikan sejarah dan kisah kehidupan semua tokoh yang disebut dalam AlQuran dari tarikh lahir, membesar,sejarah keluarga, pendidikan, masyarakat, agama dan sebagainya sehingga kematian tokoh itu maka udah tidak perlu ada saintis, sejarawan, dan para profesionals sebab segala ilmu telah sedia diperincikan didalan AlQuran.

  29. @ linton, wkakakakaa.

    iskandar pemuda padang? menguasai terusan suez? wahh mantab

    mungkin disana dia awalnya buka warung makan padang y gan? sambil usaha dagang sate padang termasuk juga teh tarik ampek tingkek.

    lama kelamaan orang di terusan suez ketagihan nasi padang di warungnya. akhirnya seluruh rakyat terusan suez mendukungnya jd raja. smpai sekarang peninggalan si uda iskandar ini dpt dilihat disana. yaitu RM Salero Minang.

  30. Pergilah mencari ilmu.jangan asal commen.jika ingin tau masalah iskandar zulkarnen. Dalam tafsir sahwi ada diceritakan.tanyalah pada ulama.iskandar zulkarnen bukan alexander the great..beliau hidup setelah nabi nuh.dan nabi khidir adalah perdana mentri beliau..yg lain silakan belajar ilmu pada ulama

  31. Setuju dengan Mas Yan, dahulukan persamaan dari pada perbedaan agar kita tetap seiring sejalan dalam agama Allah SWT.

  32. Lol sama sumanto jngan terlalu klo kau ngak terima boleh tp ngak usah komen yg ngak2
    Tp klo ngotot boleh sebut alamatmu biar kau tau gimn rasanya asal komen

  33. sumanto dan lol itu kan isi neraka nanti Allah akan membuktikannya.

    biarkan saja saja keduanya meraung-raung di neraka nanti, memang kafir mana pernah mengakui tentang keesaan Allah.

    (dihari berbangkit), maka tiba-tiba terbelaklah mata-mata orang-orang yang kafir (mereka berkata) aduhai celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang hal ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim, Al-Ambiya ayat 96-97

  34. jika Zulkarnain bukan alexander the GREAT? Lalu dia siapa?
    Dalam sejarah tidak ada karakter yg seperti ZULKARNAIN dalam ALQURAN, Kecuali ALEXANDER The GREAT!

    Jadi sayangnya kita tahu The Great ALEXANDER adalah penyembah berhala bukan orang yg TAUHID. Tidak ada fakta sejarah yg membuktikan jika ZULKARNAIN bukanlah ALEXANDER THE GREAT.
    Tidak ada seorangpun yg bisa menyamai kekuasaan ZULKARNAIN DALAM ALQURAN kecuali The GREAT ALEXANDER.

    Islam berkata The Great ALEXANDER adalah MUSLIM jelas itu KONYOL, dan lalu ISLAM mengatakan ZULKARNAIN bukanlah The GREAT ALEXANDER,itu adalah argumen BODOH karena tidak ada karakter dalam SEJARAH yg bisa menyamai karakter ZULKARNAIN kecuali The Great ALEXANDER penguasa dari TIMUR ke BARAT pada masanya.

  35. @linton setuju! kebenaran itu mengandung kecocokan dari hal yang terbesar sampai terkecilnya. adat budaya mana di dunia ini yang punya bukti dua tanduk selain rumah gadang dan tanduk bundo kanduang…pemuda dari mana yang banyak bernama zul selain pemuda minang. pendapat ini silakan dicela atau ditertawakan..tapi jangan heran jika kelak mata dunia akan tertuju pada minang, nusantara umumnya. ditemukannya situs Gunung Padang, teori tentang borobudur dan sulaiman, meledaknya film The Raid jadi box office itu bukti bahwa akan datang gelombang ledakan lain dari nusantara yang mencengangkan dunia. just wait and see a few years ahead!

  36. yang jelas tertulis di tambo minang adalah..adanya kata zulkarnain..entah anak keturunan zulkarnain ada di ranah minang atau asal beliau, wallahualam, tidak juga jadi masalah. yang perlu dipermasalahkan adalah hilangnya kebanggaan kita sebagai bangsa nusantara..hilangnya rasa bangga sebagai jawa, batak, minang dan sebagainya. padahal sejatinya bangsa kita sangat adiluhung. seni budaya kita yang tumpah ruah yang diturut dan mau dirampok negara lain adalah bukti betapa besarnya kita sebagai bangsa.

  37. Iskandar Zulkarnain itu sebenarnya dua orang yaitu Koresh Agung / Cyrus the Great ( Orang Persia ) dan Darius agung (Orang Media).
    Karena bila “Zulkarnain”. “Zul”, artinya “memiliki”, Qarnain, artinya “Dua Tanduk”.
    Hal ini sangat sesuai dengan apa yang ditulis dalam Perjanjian Lama dalam kitab Daniel

    Daniel 5:31 Darius, orang Media, menerima pemerintahan ketika ia berumur enam puluh dua tahun.

    Daniel 6:28 (6-29) Dan Daniel ini mempunyai kedudukan tinggi pada zaman pemerintahan Darius dan pada zaman pemerintahan Koresh, orang Persia itu.

    Daniel 8:20 Domba jantan yang kaulihat itu, dengan kedua tanduknya, ialah raja-raja orang Media dan Persia.

    Daniel 10:1. Pada tahun ketiga pemerintahan Koresh, raja orang Persia, suatu firman dinyatakan kepada Daniel yang diberi nama Beltsazar; firman itu benar dan mengenai kesusahan yang besar. Maka dicamkannyalah firman itu dan diperhatikannyalah penglihatan itu.

LEAVE A REPLY