6 responses to “Sunan Ngudung, Panglima Orang Alim”

  1. ahmad saparyono

    Adipati Sabrang Lor, adalah Adipati Unus bukan Yunus..

  2. Pangeran Suriansyah, Raja Islam Pertama di Kalimantan

    [...] mendapat dukungan dari umat Islam, mereka itu adalah orang-orang Kalimantan yang menjadi santri Sunan Giri dan Sunan Bonang di Jawa Timur serta pedagang Kalimantan yang sering berniaga ke Tuban dan Ampel, [...]

  3. Nanda Pasoepati

    ternyata kebanyakan walisanga adalah keturunan dari Nabi Muhammad SAW, kecuali Sunan Kalijaga dan anaknya beliau…

  4. haziz gibran seken

    Dr.Kuntowijoyo,penah menyatakan. Untuk mendapat sumber-sumber yang benar bagi sesuatu fakta sejarah, tidak hanya melihat dari sumber intelektual Barat semata-semata. Kerana kebiasaanya “sejarah kita”yang dikaji dari kaca mata Kebaratan mempunyai jarum-jarum propaganda yang didalamnya yang dianggap benar. Jika di indonesia banyak pengkaji-pengkaji daripada dunia Belanda dan di Malaysia banyak daripada koloni British.

  5. Kisah Raden Rahmatullah, Sunan Ampel dan Ajaran-ajarannya

    [...] Ampel dalam mendidik seperti misalnya adanya beberapa santri dan putranya yang akhirnya menjadi anggota Wali Songo, seperti Sunan Giri dan Sunan Kalijaga, serta putranya sendiri yaitu Sunan Drajat dan Sunan [...]

  6. Ar-Sangkelana

    Dalam serat Darmogandul ataupun tulisan dari klenteng Sam Po Kong semarang. Penyerangan ke Majapahit diskenario/ diputuskan oleh wali Giri. Dengan mempengaruhi rd.Fatah muridnya,juga anak Brawijaya V dari selir China. Dengan tipuan bahwa rd.fatah sebagai adipati demak dan anak raja akan sowan ke Istana, bapaknya. Tipuan sukses.
    Setelah Majapahit dikuasai, kekuasaan diserahkan kepada Ngo Lay (sebagai raja boneka demak). Rakyat akhirnya berontak terhadap raja boneka, orang China.
    Hal tsb.digunakan oleh Grindrawardana utk menguasai Majapahit dari raja boneka.
    Demak saat itu masih sibuk dengan pemberontakan2 juga membantu malayu melawan portugis.
    Dan akhirnya Demak kembali menyerang Grindrawardana.

    Note: penyerangan Demak terhadap Brawijaya V, dibantu oleh saudara2nya rd.Fatah yang china.

Leave a Reply