Sebelum dikenal sebagai Wali, Mbah Kiai Musyafa’ dianggap orang Gila. Namun kemudian banyak orang yang menemukan Karomahnya. Karena itu, setelah dia meninggal, makamnya kerap didatangi peziarah.

Kota Kaliwungu, tepatnya di wilayah Kecamatan Kaliwungu, Kendal Jawa Tengah, tampak sangat anggun bila dilihat dari bukit yang terletak di Desa Proto Mulyo, sebelah timur Kampung Gadukan, Kutoarjo, Kaliwungu. Masjid Al-Muttaqin yang berada di pusat kota terlihat sangat dominan dan lebih besar dibanding bangunan lain yang ada di sekitarnya. Menara dan kubah masjid tampak sangat kukuh, seperti menegaskan betapa Allah SWT Mahabesar.

Dari ketinggian bukit itu, tampak kecantikan kota Kaliwungu yang mempesona. Disana terdapat makam alim ulama dan para penyiar agama Islam tempo dulu. Masyarakat menyebutnya sebagai makam Jabal (bukit), sebuah kawasan perbukitan. Salah seorang ulama besar yang dimakamkan disana adalah Kiai Musyafa’ bin Haji Bahram.

Seperti halnya makam wali-wali yang lain, makam Mbah Syafa’, demikian beliau biasa disapa, inipun  kerap dikunjungi para peziarah, terlebih pada hari Kamis wage sore dan Jumat Kliwon. Pada kedua hari tersebut, ratusan bahkan ribuan peziarah datang kesana. Santri dari beberapa pesantren juga kerap menjadikannya sebagai tempat untuk melaksanakan riadah.

Selama hidup (antara tahun 1920 – 1969), Mbah Syafa’ dikenal sebagai sosok yang zuhud. Ia sangat sederhana, baik dalam berpakaian maupun dalam bertutur kata. Kesederhanaannya dalam berpakaian, membuat sebagian orang menganggap Mbah Syafa’ sebagai Kiai yang sangat miskin. Tidak jarang orang juga mengatakan bahwa Mbah Syafa’ adalah orang gila, karena ia memang kerap berperilaku Khawariqul Adah, yaitu berperilaku diluar kebiasaan manusia pada umumnya.

Anggur Mekkah

Sangkaan orang bahwa Mbah Syafa’ adalah orang gila sudah terdengar sebelum masyarakat mengetahui karomah dan kewaliannya. Pada suatu hari tetangga disekitar rumah Mbah Syafa’ di bikin geger. Pasalnya setelah musim haji, ada seorang haji yang datang ke sana, ia mengaku di titipi anggur oleh seseorang di Mekah untuk diserahkan kepada Mbah Syafa’, yang baru saja menunaikan ibadah haji di Mekah. Padahal tetangga Mbah Syafa’ menyaksikan sendiri, selama musim haji itu Mbah Syafa’ berada di rumahnya.

Sejak itu pandangan orang pada dirinya berubah, apalagi setelah karomah-karomahnya disaksikan orang-orang disekitarnya. Suatu saat Mbah Syafa’ menjamu tamu yang datang. Masing-masing tamu menuang sendiri air minum dari ceret yang sudah disediakan. Anehnya air minum yang berasal dari satu ceret itu di rasakan berbeda-beda oleh tamu yang minum.

Dalam kisah yang lain, sekitar tahun 1060-an, Mbah Syafa’ kedatangan seorang tentara. Tentara itu bermaksud memohon restu, karena sebagai pembela negara dia mendapat tugas ikut dalam rombongan pasukan Trikora yang akan membebaskan Irian Jaya dari pendudukan Belanda. Saat dia sampai di tempat tinggal Mbah Syafa’, dan mengemukakan maksudnya, Mbah Syafa’ tidak menjawab sepatah kata pun. Beliau hanya mengambil sebuah wajan yang telah di bakar hingga merah membara.

Oleh Mbah Syafa’ wajan itu di dekatkan ke kepala orang tersebut sambil dipukul beberapa kali. Sesaat kemudian beliau masuk kedalam rumah dan keluar dengan membawa tiga buah biji randu (Klentheng), lantas menyerahkannya pada orang itu. Orang tersebut tidak mengerti apa maksud Mbah Syafa’, namun ia tetap menyimpan biji randu pemberian Mbah Syafa’.

Di belakang hari, isyarat tersebut bisa diketahui setelah kapal yang ditumpangi tentara Indonesia hancur di tengah laut. Namun atas izin Allah orang tersebut selamat.

Dalam kisah yang lain diceritakan pada 1940an, suatu hari Mbah Syafa’ menggali tanah hingga dalam. Orang-orang disekitarnya merasa heran dengan apa yang dikerjakannya itu. Sebagian mengira tempat itu akan digunakan untuk memelihara ikan, sebagian yang lain menyangka akan dibuat sumur.

Setelah beberapa saat, orang baru sadar bahwa Mbah Syafa’ mengetahui peristiwa yang bakal terjadi belakangan. Karena tidak lama berselang, tentara Jepang menyerbu daerah Kaliwungu, dan lubang itu dipergunakan sebagai tempat persembunyian orang-orang yang ada di sekitarnya.

Berbagai peristiwa aneh terjadi termasuk setelah ia meninggal dunia pada 13 Maret 1969 (seperti yang tertulis pada nisannya). Suatu ketika saat sedang membersihkan Balai Desa Krajan Kulon, Mbah Rasyid, tukang sapu kantor tersebut, ditemui  Mbah Syafa’ tanpa berbincang apapun. Mbah Syafa’ memberinya uang seribu rupiah, padahal ia telah meninggal dunia.

Anehnya, ketika sudah dibelanjakan, uang itu tetap utuh dan tetap ada di saku Mbah Rasyid begitu ia sampai di rumah. Hal itu berulang hingga tiga kali, membuat gundah Mbah Rasyid. Hatinya baru tenang setelah uang itu ia kembalikan ke kuburan Mbah Syafa’.

41 COMMENTS

  1. tidak terbantahkan lagi, bahwa karomah auliya itu tetap ada dan benar karena auliya bagian dari pengikit setia nabi sehingga beliau juga pasti diberi keajaiban oleh Allah sesuai dengan ketqwaannya. bukankah Rasulullah dipenuhi mukjizat oleh Allah?. Nah, demikian pula hamba yang dekat denganNya juga pasti akan dikasih kelebihan oleh Allah. bagi yang tak sefaham, bahkan mungkin menganggap bahwa mempercayai karomah adalah sebuah kemusyrikan, silahkan belajar islam dengan ikhlas dan beramal sholeh yang sebanyak-banyaknya hingga dekat dengan sang Khaliq dan jangan terus menuduh orang lain (ahli sunnah ) sebagai musyrik, pasti akan mendapat karunia dariNya.

  2. Waliyullah adalah para kekasih Allah,mereka orang-orang pilihan yang hanya Allah lah yg dapat menilai tingkat kehambaan seseorang.Seperti halnya seorang kekasih pilihan,sudah pastilah ibadah mereka diatas rata-rata kita yang hanya manusia biasa pada umumnya dan mereka sudah pasti mengikuti syariat dan berpegang teguh kepada Al quran dan Sunnah.

    Wali-wali Allah telah ada semenjak jaman nabi Adam sampai dengan akhir jaman dengan ditandai oleh wali penutup dengan jumlah yang tetap setiap zamannya dan dengan tugas yang berbeda-beda.

    Tentang Wali dapat dilihat di dalam Surat Al quran

    Allah ta’ala berfirman:

    أَلاَ إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُوْنَ. الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَكَانُوْا يَتَّقُوْنَ
    Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa. (QS. Yunus: 62 & 63)

    Dalam hadis sahih Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

    إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى قَالَ: مَنْ عَادَى لِي وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْحَرْبِ، وَمَا تَقَرَّبَ إِلَيَّ عَبْدِيْ بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِيْ يَسْمَعُ بِهِ، وَبَصَرَهُ الَّذِيْ يُبْصِرُ بِهِ، وَيَدَهُ الَّتِيْ يَبْطِشُ بِهَا، وَرِجْلَهُ الَّتِي يَمْشِيْ بِهَا، وَإِنْ سَأَلَنِيْ َلأُعْطِيَنَّهُ، وَلَئِنْ اسْتَعَاذَنِيْ َلأُعِيْذَنَّهُ.

    Sesungguhnya Allah ta’ala berfirman: “Barang siapa yang memusuhi wali-Ku, maka Aku umumkan (izinkan) ia untuk diperangi. Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu amalan yang lebih Aku sukai daripada amalan yang Aku wajibnkan atasnya. Dan senantiasa hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunnah hingga Aku mencintainya. Apabila Aku telah mencintainya, Aku akan menjadi pendengarannya yang ia mendengar dengannya, menjadi penglihatan yang ia melihat dengannya, menjadi tangan yang ia memukul dengannya, sebagai kaki yang ia berjalan dengannya. Apabila ia memohon kepada-Ku pasti akan Kuberi, dan jika ia memohon perlindungan kepada-Ku pasti Kulindungi.” (HR. al-Bukhari, no. 6502)

    Ya Allah,dekatkanlah kami selalu dengan para wali-walimu,…amiiin

  3. Mbah Syafa lebih hebat daripada Khulafaurrasyidin ! tapi sayang dia nggak sadar akan tipu daya syetan yg telah membuatnya sakti mandraguna ! Tetapi seujung kukupun aku tidak percaya dengan cerita sebelum bobo ini !

  4. percaya gk percaya hak pribadi seseorang,setiap peristiwa atw kejadian pasti ada hikmahnya,smoga mbah musyafa’ mendapatkn kemuliaan disisi ALLOH dgn ijin da ridhoNYA.

  5. أَلا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ
    Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

  6. Bagi yang tdk percaya maklum ilmu blm nyampe dan tak akan pernah nyampe, lha kon poso wae r kuat opo maneh tirakat….badogkan tok nafsune sg kendel (serakah)Nyungsepo kowe Lee..sak kuku ireng raono apa2ne..ngerti opo kowe…Ngaji sik….syariat, karo makrifate cari toriqoh yg benar…..!!

  7. Barang siapa yang mengingkari adanya Wali Allah, maka dia akan tersesat hidupnya di Dunia maupun di akherat.

  8. Kok rasulullah gak punya kemampuan kayak gitu ya..? Rasulullah malah sangat-sangat manusiawi…mungkin itu beda mukjizat dan bukan mukjizat…mukjizat gak perlu persyaratan apapun…bener2 hanya ijin Allah lewat doa…selain mukjizat, harus ada persyaratan macem2…

  9. Bagi yang tdk percaya maklum ilmu blm nyampe dan tak akan pernah nyampe, lha kon poso wae r kuat opo maneh tirakat….badogkan tok nafsune sg kendel (serakah)Nyungsepo kowe Lee..sak kuku ireng raono apa2ne..ngerti opo kowe…Ngaji sik….syariat, karo makrifate cari toriqoh yg benar…..!!

    Sabar Cak ….. nek gak jumbuh kawruhe … gak bakalan isoh
    mbok dipeksana cilakane rumongso wis paling ngerti agama islam
    amargo badogkan tok nafsune sg kendel …..
    padahal sak kuku ireng raono apa2ne

  10. Klo waliyulloh=karomah
    Klo orang sholeh=maunah
    Klo ahli maksiat=istidroj

    Lantas ada yg bilang, Rosul g gitu2 amat
    (Pengen ketawa saya)

    Klo Rosul, Nabi=mukjizat
    ROSULULLOH=membelah bulan, mengeluarkan air dari jari2nya, mengetahui yg gaib(siksa kubur), dll (baca sejarah beliau)

  11. mbah syafa’ itu tidak pernah ada dan tidak pernah hidup, dan tidak ada orang yang memiliki karomah…(kalau ada yang tidak percaya silahken tanyakan kepada kiyayix…) syukron… wassalam…

  12. Para walialloh itu disembunyikan/disamarkan oleh Allah Ibadahnya dari khalayak ramai,yg sekiranya tdk satupun menyangkanya bahwa ia adalah Waliyullah dan ada pula yg di Dhohirkan,mereka msg2 punya tugas.Yg samar khusus membentengi agama secara bathin dan yg dhohiri/nyata dikhususkan berdakwah dan berperang dijalan Allah.Jadi hanya Allah saja yg Tahu hal itu,kemudian sedikit org saja yg diberi tahu oleh Allah SWT.Jadi jg asal Komen…Biar ndak kwalat.

  13. Robbi ihdina alhusnaa bihurmatihi
    Gk prcaya silahkan (mbo yo ngaca..bercermin pda firmanNya) tpy yaa jgn ngmg sembarangan…qt ini smua awam jdy hati2 klo bicara..mending diam jja lah klo gk suka atw gk percaya.
    Padahal kita sendiri blm mngenal tuhan yg qt sembah..blm mengenal diri sendiri kok ya berani mengkritisi ulama palagy para wali.

  14. Nabi, Wali, iku apa? Dudu pangkat iku
    .. yen nabi ana berati wali ya ana.. tp ora usah debat karo wong2 sing syareate wae mentah.. apa maneh ilmu liyane.. bodohnya semakin diperlihatkan.

  15. Aceh gudang nya auliya,
    seperti syekh muda waly yg ilmu nya konon di atas para wali yg lain karena dia seseorang yg keramat akan ilmu sdgkan yg lain keramat ibadah
    murid nya jg wali yaitu abu ibrahim woyla

  16. Kita indonesia beruntung memiliki Nanggroe Aceh Darussalam, krn di sanalah tanah nya para wali Allah

  17. Sekitar 1 bulan lalu saya ikut teman saya pulkam ke aceh, kami mengikuti sebuah pengajian oleh ulama besar disana.
    Disebutkan bhw Auliya yg ada di Indonesia ini adalah 216 orang dgn rincian :
    aceh 194 org, padang 9 org, banten 7 org, jatim 4 org, jateng 6 org

  18. Berbedaan itu rahmat,bagi yg tau dan mngetahuinya ,belajarlah ilmu jgn satu sisi,ilmu ibarat lautan,semkin kita kedlm semakin dlm pula ,biar tdk jadi orang ngumunnan,ilmu itu bisa ber mangfaat,dan bisa membahayakan diri seorang,jgn hanya belajar ilmu doktrin ,bahanya apalagi gurunya tdk jelas sejarah dan keberadaannya ,apalgi ada niat utk kepentngan dunia ,udsj banyak contohnya akhir2 ini,ngomong ajo tapi ptilakunya dak bisa menjadi contoh ,dan rahmatallil’alamiin….agama itu ahklag ,baik habblum minallah swt dan habblum minnas,jgn ngaku orang islam kalau bikin kerok,dan terorrr.

  19. Istighfar mas jangan asal comment,waliyullah itu ada,karomah itu ada,mujizat juga ada,mukzizat itu untuk para nabi dan rasul,karomah itu untuk para pengikut rasul yg setia,makanya belajar agama yg bener,sudah ngaji dulu sanah .

  20. Suatu saat khususnya bagi laki-laki yang sudah menikah, jika memiliki anak pr, pasti bisa jadi Wali, juga disekolah bisa jadi wali, sulit-sulit amat jadi wali. Semua orang jika beriman dan bertaqwa akan jadi Wali artinya selalu mendapat pertolongan Allah, kemuliaan (karomah) seseorang tergantung pndekatan diri kita kepada Sang Kholiq, maka carilah kebaikan dalam pendekatan diri kepada Allah, bukan mau mengambil karaomah orang lain, kita sendiri tidak mau memilikinya, bahkan cara memilikinya dg gaya mencari karomah kepada orang yang sudah meninggal, hati-hati syetan nyelusuf untuk mengkultuskan seseorang yang sudah mati atau masih hidup adalah mUsyrik, jauh sekali dari Allah jka ingin mencari karomah dekati Allah seutuhnya pasti akan diberikan siapapun yang mau, karena karomah mba Musyafa` juga dari Allah, sadarilah wahi umat Islam yang mau beriman

  21. asyif bin barkhoya-salah seorang alim ulama pd zaman nabi sulaiman mendpatkn karomah dr Allah bisa memindahkan istana ratu balqis dlm sekejap mata…sedang nabi sulaiman sendiri dlm hal tsb tdk bisa…tp beliau mendpatkn mu’jizat mampu menaklukan kaum jin-menundukan angin-tau bhsa binatang dsb…jd yg namanya kelebihan brupa karomah…itu trserah Allah dlm bentuk apa…Allah Maha Kuasa dan Maha Bijak…

  22. Buat salafi,,,silakan anda bertobat,,anda tdk percaya wali yg punya karomah pd dasarnya dari Allah swt..anda menungso tukulan kemarin sore,,y wajar aja..blm gaduk kuping,,,hrs km ketahui urusan yg ghoib itu diliht pake mata hati( iman) bukan MATA yg mudah beleken,,karomah itu bkn kemauannya sendiri,,sm halnya berbagai mukjizat para rosul…berarti kamu gk percaya klo rosululloh saw isro’ mikroj dlm semalam,,,terkutuk kau,,jahanamm kau…murtad kau…Otakmu gak bakalan nyampe..Imaann bukn Otaakkk…woi..org menganggap org laen gila bisa jdi,,ilmunya blm sampai,,ke 2 memang gila beneran…senthettt kopyorr uteq e

  23. Buat salafi,,,silakan anda bertobat,,anda tdk percaya wali yg punya karomah pd dasarnya dari Allah swt..anda menungso tukulan kemarin sore,,y wajar aja..blm gaduk kuping,,,hrs km ketahui urusan yg ghoib itu diliht pake mata hati( iman) bukan MATA yg mudah beleken,,karomah itu bkn kemauannya sendiri,,sm halnya berbagai mukjizat para rosul…berarti kamu gk percaya klo rosululloh saw isro’ mikroj dlm semalam,,,terkutuk kau,,jahanamm kau…murtad kau…Otakmu gak bakalan nyampe..Imaann bukn Otaakkk…woi..org menganggap org laen gila bisa jdi,,ilmunya blm sampai,,ke 2 memang gila beneran…senthettt kopyorr uteq e,,yg nunjuk gila itu yg gila sendiri

  24. kalo bicara mu’jizat/karomah, akalnya di taruh d belakang dulu, iman yang di pasang di depan, baru akal nya nyusul,
    al-qur’an ga boleh tunduk sama akal.
    kalo pengin bener akal yang harus tunduk sama Qur’an.

  25. Astagfirullah,, kembalilah pada alqur’an dan pelajari, pasti anda semua akan paham, percuma berdebat, tak akan menang dan tak akan pernah, slagi tidak berpegang teguh pada alqur’an ,

  26. Kalau bukan krn karomah2 para wali,ulama2 dan orang2 soleh indonesia mungkin sukar merdeka..bayangkan bambu runcing dan senjata2 seadanya bisa menang melawan senjata mesin dll,saya percaya sekali akan karomah2 para waliyullah terutama orang2 alim tempo dulu krn saya seorang cucu dari tentara dan kakek saya kerap kali menceritakan kesaktian2 kawan2 seperjuangannya dahulu,entah tipu daya setan atau rahmat allah tentang cerita karomah2 tersebut namun yg saya tau kesaktian tersebut telah memberikan kemerdekaan yg hingga saat ini kita nikmati bersama….tak perlu dahulu saat ini pun banyak orang2 yg dicintai allah yg diberikan sesuatu yg tak dimiliki orang lain,namun orang2 yg percaya akan karomah adalah orang2 yg akan menyaksikan dan melihat bahkan memilikinya.bagi yg tak percaya maka mereka tak akan menyaksikan apalagi memiliki jauh krn mereka sempit menafsirkan allah yg maha luas ilmunya.

  27. Tdk usah Bertanya tentang RASULLULAH SAW. knp tdk mempunyai kelebihan seperti itu.. buka mata hati

    sebenarnya Rasulullah sudah memiliki semuanya.
    bahkan masih banyak yang dimiliki RASULLULAH SAW. tdk dimiliki oleh wali2 yang lain..

    ingat ‘2 kalimat syhadat’
    “Asyhadu ALLAH. Ilaha IllAlah, wa asyhadu anna (MUHAMMAD) darrasululLAH’

    tanda kurung kata MUHAMMAD ini sdh ada jauh sebelum manusia ada…

  28. RASULLULAH Saw (muhammad) adalah kekasih ALLAH SWT.
    sangat jauh dibandingkan Wali2 yang lain

    kekasih itu apa artinya..???sebagai manusia yang nafsunya normal atau tidak tentunya sdh tau apa itu kekasih…

  29. rumahku deket makam kyai Sya’fa (kyai Musyafa’) dr kecil sering denger ortu cerita ttg kekaromahannya.. dan saya percaya bhw beliau salah satu waliyullah.. coba datang ke kaliwungu, disisana juga ada makam Sunan Kathong. Kyai Asy’ari. Pangeran Juminah. and Pakuwojo.. Kaliwungu kota Santri

LEAVE A REPLY